Pengertian JasaPengertian jasa menurut Kotler (1997: 467):
³A service is any act or performance that one party can offer to another that is essentially intangible and doesn¶t result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product´.
Yang artinya bahwa jasa merupakan suatu aktifitas atau tindakan yang ditawarkan oleh suatu produk kepada pihak lain, pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengabaikan kepemilikan.
Menurut Edward W. Wheatliey yang dikutip oleh Buchari Alma(2000:205) mengemukakan beberapa perbedaan antara jasa dan barang, yaitu:1. Pembelian jasa sangat dipengaruhi oleh motif yang didorong oleh emosi.2. Jasa itu bersifat tidak berwujud, berbeda dengan barang yang bersifat berwujud, dapat dilihat, dicium, memiliki berat, ukuran dan sebagainya.3. Barang bersifat tahan lama, tetapi jasa tidak, jasa dapat dibeli dan dikonsumsi.4. Barang dapat disimpan sedang jasa tidak.5. Usaha jasa sangat mementingkan unsur manusia.6. Distribusinya bersifat langsung dari produsen ke konsumen.Menurut Kotler (Services Marketing; People, Technologi, Strategy, 2000, p.10-11)., salah satu cara membedakan barang dan jasa adalah dengan menempatkanmereka dalam skala tangible-dominant keintangible-dominant
Lima kategoriskala tersebut adalah:
1. Pure tangible good adalah barang yang murni bersifat tangible (sabun, garam)
2.Tangible good with accompanying servicesadalah barang yang bersifat tangible disertai dengan jasa (mobil, komputer)
3.Hybrid adalah perpaduan yang sama antara barang dan jasa (restoran)
4.Major Service with accompanying minor goods and services adalah usaha yang menitik beratkan pada jasa dan disertai dengan sedikit unsur tangible (air travel).
5. Pure service adalah jasa yang murni bersifat intangible (psychotherapy, jasa babysitter).
Berikut adalah beberapa cara bagaimana jasa digunakan :1.Jasa digunakan untuk melengkapi barang berwujud. Contohnya, penjualan mobil dipengaruhi oleh jumlah kantor atau bengkel layanan yang disediakan oleh perusahaan.2.Jasa digunkan dengan proporsi atau perbandingan yang sama dengan barang berwujud. Misalnyakonsumen mengunjungi restoran untuk mendapatkan pelayanan dan makanan.3.Jasa sebagai produk utama perusahaan yang disertai dengan barang berwujuddan jasa tambahan.Sebagai permisalan, orang yang naik pesawat membeli jasa transportasi dengan memperhatikanpelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan penerbangan tersebut.
Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
Tugas Anda:
1. Jelaskan perbedaan antara barang dan jasa
2. Bagaimana dengan Pariwisata sendiri? dimasukkana dalam produk barang atau jasa? jelaskan jawaban saudara
Jawaban dikirim via email susiana64@gmail.com, paling lambat Rabu, 11 April pk 13.00
META MEILANI
BalasHapusD IV UPW
NIM : 2011247009
VINA S (2011247001) D4 UPW 2011
BalasHapusAfdil Hanif
BalasHapusNim : 2010137001
D3 perhotelan
Yogie Pangestu 2011247010 d4 UPW
BalasHapusRiski Febrina 2011247002 D4 UPW
BalasHapusStella Saputra Setyadi 2011247003 D4 UPW
BalasHapusAyu Sartika
BalasHapusNim: 2010.137.006
Jurusan: D3 perhotelan
Andreuw/2011247012/UPW/D-4
BalasHapusAngga Prawira/ 2011247008/ UPW / D-4
BalasHapusjulianti/2011247011/d4 upw roxy
BalasHapusBalas
BalasHapus