MEMBANGUN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA KARYAWAN (sumber:http://cokroaminoto.wordpress.com/2007/05/23/meningkatkan-kinerja-karyawan-1/)
Ada apa dengan kinerja karyawan
Kalau kita sepakat bahwa fungsi ideal dari pelaksanaan tugas karyawan dalam unit kerja adalah fungsi pelayanan, maka orientasi manajemen harus berfokus pada pelanggan. Maka konteks seharusnya adalah bahwa arah pelaksanaan tugas karyawan adalah memberikan pelayanan pada pelanggan, baik internal maupun exsternal.
Hal-hal di atas tidak mudah. Karena barisan terdepan dalam pemberian pelayanan adalah karyawan dengan berbagai persoalannya. Bukan tidak mungkin pelanggan memperoleh citra yang buruk tentang lembaga/organisasi, gara-gara pekerjaan pelayanan oleh karyawan yang jelek. Dari sinilah mungkin enter-point-nya. Harus fokus pada peningkatan kinerja karyawan. Karena tidak mungkin terjadi “fokus pada pelanggan” tanpa didahului oleh “fokus pada karyawan.”
Berbicara kinerja individual karyawan, ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi. Menurut Gibson, kinerja individual karyawan dipengaruhi oleh faktor motivasi, kemampuan dan lingkungan kerja.
Berbicara kinerja individual karyawan, ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi. Menurut Gibson, kinerja individual karyawan dipengaruhi oleh faktor motivasi, kemampuan dan lingkungan kerja.
Awalnya, adalah Motivasi Kerja
Faktor motivasi memiliki hubungan langsung dengan kinerja individual karyawan. Sedangkan faktor kemamampuan individual dan lingkungan kerja memiliki hubungan yang tidak langsung dengan kinerja. Kedua faktor tersebut keberadaannya akan mempengaruhi motivasi kerja karyawan. Karena kedudukan dan hubunganya itu, maka sangatlah strategis jika pengembangan kinerja individual karyawan dimulai dari peningkatan motivasi kerja. Diyah Dumasari Siregar ST, MM, dalam tulisannya menyatakan, bahwa karyawan dan perusahaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Karyawan memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan. Apabila karyawan memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang tinggi, maka laju roda pun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian yang baik bagi perusahaan. Di sisi lain, bagaimana mungkin roda perusahaan berjalan baik, kalau karyawannya bekerja tidak produktif, artinya karyawan tidak memiliki semangat kerja yang tinggi, tidak ulet dalam bekerja dan memiliki moril yang rendah.
Adalah menjadi tugas manajemen agar karyawan memiliki semangat kerja dan moril yang tinggi serta ulet dalam bekerja. Berdasarkan pengalaman dan dari beberapa buku, biasanya karyawan yang puas dengan apa yang diperolehnya dari perusahaan akan memberikan lebih dari apa yang diharapkan dan ia akan terus berusaha memperbaiki kinerjanya. Sebaliknya karyawan yang kepuasan kerjanya rendah, cenderung melihat pekerjaan sebagai hal yang menjemukan dan membosankan, sehingga ia bekerja dengan terpaksa dan asal-asalan. Untuk itu merupakan keharusan bagi perusahaan untuk mengenali faktor-faktor apa saja yang membuat karyawan puas bekerja di perusahaan. Pemahaman tentang jenis atau tingkat kebutuhan perorangan karyawan oleh perusahaan menjadi hal mendasar untuk meningkatkan motivasi. Dengan tercapainya kepuasan kerja karyawan, produktivitas pun akan meningkat.
Apa sebenarnya yg dibutuhkan karyawan? Menurut Maslow, jenjang kebutuhan manusia sebagai karyawan dari yang terrendah hingga yang tertinggi adalah :
Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis/dasar/pokok)
Safety Needs (kebutuhan akan rasa aman).
Social/Affiliation Needs (kebutuhan untuk bersosialisasi)
Esteem Needs (kebutuhan harga diri).
Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri).
Physiological Needs (Kebutuhan fisiologis/dasar/pokok)
Safety Needs (kebutuhan akan rasa aman).
Social/Affiliation Needs (kebutuhan untuk bersosialisasi)
Esteem Needs (kebutuhan harga diri).
Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri).
Apa yang bisa kita ambil manfaatnya?
Menurut Diyah lagi, dari tingkat kebutuhan manusia menurut Maslow tersebut, kompensasi dalam bentuk sentuhan emosional merupakan level yang lebih tinggi, dibandingkan kebutuhan fisik/dasar. Level tertinggi yaitu Self-actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri) membuktikan bahwa karyawan lebih senang apabila diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan diakui oleh perusahaan. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian, bahwa karyawan ingin mendapat kesempatan berkembang dan menunjukkan kemampuannya
Tugas Anda: Setelah membaca tulisan di atas,
1. Jelaskanlah apa kaitan antara motivasi dan kepuasan kerja
2. Mengapa motivasi jadi hal penting terkait dengan perilaku organisasi?
Jawaban dikirim dalam file Ms Doc, ke susiana64@gmail.com paling lambat Senin, 22 April 2013 pk 23.59
selamat siang buu :) saya Yolanda Elisabeth dari kampus STP Sahid Roxy 2010147015
BalasHapusselamat siang ibuu, nama saya Fanny Anzany dari STP Sahid Roxy 2010147020
BalasHapusselamat siang ibuu, nama saya Lili Meiliana dari STP Sahid Roxy 2010147018.... terimakasih buu :)
BalasHapusSiang...ini saya wianna stp sahid roxy 2010 147 004... trims ^^
BalasHapusSelamat siang ibu, nama saya Fany Dwi Putri dari kampus STP Sahid roxy
BalasHapus2010147017. Terimakasih bu..:)
selamat siang bu..
BalasHapussaya julyani. hanitio...
stp sahid roxy ...
2010147022.
terima kasih bu.
Slamat sore bu..saya kenneth stp sahid roxy 2010147023.terima kasih bu
BalasHapusSelamat siang bu, saya Cindy Prisella dari STP Sahid Roxy 2010147003. Terima kasih bu...
BalasHapusSore bu..nama saya Susilo Retno Wibowo dari kampus STP Sahid Roxy
BalasHapus2010147007. Terimakasi bu..
Selamat siang Bu Susiana, ini Cindy Stevani 2010147025
BalasHapusMaaf baru absen sekarang bu, dari pagi kelas kami ada perkuliahan sampai jam 5.
Selamat siang bu, saya Anthony Jonathan NIM 2010147024. Terima kasih.
BalasHapussore bu Susiana,
BalasHapusnama saya Fransiscus Rasta Sebayang
NIM : 2010147001
Stp Sahid Roxy
Terima kasih bu..
tugas sudah di email atas nama Samuel Irfantius NIM 2010147005
BalasHapusSore bu...saya Ferlin Kurniawan dari kampus STP Sahid Roxy.
BalasHapus2010147014. Terima kasih bu..:)
selamat sore saya Agnesia Nathaya Ardina 2010147026,terima kasih
BalasHapusSelamat sore ibu..saya lie riani dari stp roxy nim 201014729.terima kadih bu
BalasHapushallo ibu...saya wandi(2010147011)dr kampus roxy.....
BalasHapusselamat malam bu, nama saya Hardi Godjali NIM 2010147012 dari STP ROxy Sahid
BalasHapushallo bu, saya udah absen sebelumnya ya bu via email.. makasih :D
BalasHapusHandelson Sirait
2010147002
STP Roxy