Rabu, 27 Maret 2013

Kuliah 9-10 Korespondensi Niaga

Membuat Resume yang baik

Cara Membuat Resume Yang Baik
Resume atau riwayat singkat yang berisi pengalaman dan ketrampilan yang dimiliki oleh seseorang yang melamar sebuah pekerjaan amatlah menentukan bagi dipilih atau tidaknya si pelamar untuk masuk ke tahapan selanjutnya dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Resume yang dibuat dengan baik akan mempermudah pembacanya (baca: recruiter) dalam mengevaluasi qualifikasi yang dimiliki oleh si pelamar.
Pentingnya membuat resume yang dirancang secara khusus (bukan menjiplak model resume orang lain) seringkali tidak disadari oleh si pelamar. Dalam banyak kasus masih sering dijumpai bahwa pelamar justru menggunakan format resume yang sudah baku dengan cara membeli formulir resume yang dijual di toko-toko buku atau pun mendownload formulir yang terdapat di websites. Memang hal ini tidaklah sepenuhnya salah, namun demikian si pelamar hendaklah mempertimbangkan apakah format tersebut sudah cocok dengan karakter dirinya. Apa yang terjadi jika ternyata format baku tersebut, setelah diisi oleh pelamar, ternyata justru banyak menyisakan ruang kosong alias tidak dapat diisi semuanya. Bukankah hal demikian justru dapat menyebabkan si pelamar tampak penuh dengan kekurangan di mata si pembaca resume tersebut. Selain itu resume menjadi tidak enak untuk dilihat.
Pertanyaan yang patut diajukan kemudian adalah bagaimana membuat resume yang baik sehingga menarik bagi pembaca dan mampu memberikan gambaran tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh sang pelamar. Lalu apa sebenarnya perbedaan antara Resume dan Curricullum Vitae (CV)?
Meski keduanya memiliki perbedaan, namun dalam praktek seringkali perusahaan tidak dapat membedakan mana yang mereka butuhkan, apakah Resume atau CV. Oleh karena itu, pelamar haruslah jeli dalam melihat persoalan tersebut sebab bagaimanapun juga pada akhirnya pelamarlah yang harus menyesuaikan diri dengan perusahaan, bukan sebaliknya.
Dalam kompetisi memperebutkan pekerjaan ditengah-tengah situasi ekonomi yang tidak menggembirakan saat ini, di tambah lagi dengan banyaknya jumlah pencari kerja, tidak jarang para pengusaha (baca: orang yang mempekerjakan) harus meluangkan banyak waktu untuk menyeleksi para calon pekerja yang berkualitas. Mengingat bahwa satu jabatan yang lowong bisa dilamar oleh ratusan bahkan ribuan pelamar,maka pengusaha sangat mengandalkan resume pelamar untuk menyaring/menyeleksi mereka untuk dipanggil wawancara atau test dalam proses berikutnya. Dengan kondisi demikian maka pelamar yangtidak dapat membuat resume yang dapat menggambarkan kualitas dirinyadalam bentuk resume yang menarik, padat, dan lugas akan sangat kecilkemungkinannya untuk dipanggil. Alangkah sayangnya jika pelamarternyata sangat menguasai bidang yang dilamarnya tetapi gagal hanyakarena resume yang dibuatnya tidak berkenan di hati pengusaha/pembaca.
Dengan membuat resume secara menarik, padat dan lugas si pelamar sebenarnya memperoleh manfaat yang sangat besar bagi dirinya karena ia telah mampu:
  • memberikan fakta-fakta tentang latarbelakang pelamar.
  • menunjukkan kualifikasi yang dimiliki sehingga layak untuk memangku jabatan yang dilamar memperlihatkan tujuan karir yang diinginkannya
Bagi anda pencari kerja yang mungkin mengalami masalah dalam membuat resume, mungkin ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa saran berikut ini:
  • berakhir di kotak sampah atau mesin penghancur kertas,meski pengirimnya mungkin memiliki kualifikasi yang sangat Namajabatan & Uraian Jabatan: Tulis nama jabatan anda dan lengkapi denganpenjelasan tentang aktivitas-aktivitas harian Anda. Usahakan untukmenuliskan aktivitas-aktivitas yang dapat diukur. Ingat: Anda harus dapat memberitahu pembaca tentang apa persisnya pekerjaan yang telah anda lakukan
  • Tanggal dan Tempat. Tulislah riwayat pendidikan danpekerjaan anda secara tepat. Misalnya: kapan anda diterima bekerjadan kapan anda keluar dari perusahaan X, kapan anda menjabat sebagai …. atau kapan anda pindah kerja dari kantor pusat ke kantor cabang. Ingat: Jangan membuat pembaca menebak-nebak kapan andabekerja dan untuk berapa lama.
  • Rinci. Jelaskan kata-kata atau istilah-istilah teknikal/khusus yang mungkin ada dalam resume anda sedetil mungkin.
  • Proporsional. Tuliskan pekerjaan atau pendidikan sesuai dengan kepentingan si pembaca dan buatlah secara proporsional. Contoh: Jika anda melamar sebagai Marketing Manager hendaklah anda tidak menulis hanya satu paragraph mengenai pekerjaan anda sebagai Sales Manager dan tiga paragraph lainnya tentang kegiatan anda sebagai Trainer.
  • Relevansi. Tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengantuntutan pekerjaan yang anda lamar. Contoh: Tidak perlu menuliskan pengalaman berorganisasi anda selama kuliah meskipun anda menjabatsebagai ketua Senat Mahasiswa selama beberapa periode, jika pekerjaan yang anda lamar tidak berhubungan dengan kemampuan organisasi atau leadership.
  • Explicit. Jangan membuat resume yang membuat pembaca berimajinasi. Contoh: jangan berasumsi bahwa pembaca tahu bahwa anda tamatan Unika Atma Jaya Jakarta, atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jika anda tidak menuliskan nama kota bisa jadi pembaca menganggap anda tamatan dari kota lain.
  • Panjang. Pada umumnya resume hanya terdiri dari 2 (dua) halaman. Namun jika memang riwayat karir dan pendidikan yang anda rasa sangat penting untuk ditampilkan menuntut anda untuk memperpanjang, maka 3 (tiga) halaman resume masih dapat diterima.
  • Tanda baca, ejaan, dan tata bahasa. Tidaklah dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tanda baca, ejaan maupun tata bahasa. Jika anda menulis resume dalam bahasa Inggris, cobalah minta untuk direview oleh teman/kerabat yang menguasai bahasa tersebut, jika memang anda belum yakin.
  • Mudah dibaca. Resume yang dibuat secara kacau balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. Oleh karena itu sangat penting membuat resume yang mudah dibaca, tidak terpisah-pisah dan logis.
  • Penampilan. Pilihlah format terbaik yang dapat anda tampilkan untuk membuat resume, termasuk disini adalah pemilihan jenis huruf, kertas yang digunakan serta paduan warna (jika menggunakan printer warna). Tampilan resume yang asal-asalan hanya akan baik.
Untuk lebih meyakinkan pembaca, Anda dapat memberikan penekanan pada beberapa aspek tertentu dari latarbelakang Anda yang relevan dengan pekerjaan dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengusaha tentang nilai-nilai potensial anda yang akan berguna bagi si pengusaha atau perusahaannya. Adapun aspek-aspek yang dapat anda tonjolkan adalah:
  • Penghargaan atau reward yang pernah diterima sesuai dengan jabatan yang dilamar. Contoh: jika anda melamar sebagai IT Manager, pihak perusahaan (recruiter) tentu ingin tahu kemampuan anda di bidang teknik dan bagaimana kemampuan tersebut dibandingkan dengan rekan-rekan yang lain. Jika anda pernah menerima penghargaan di bidang tersebut, tuliskanlah. Dengan demikian perusahaan akan tahu dimana tingkatan kemampuan anda.
  • Prestasi Akademik. Tuliskan gelar dan prestasi akademik yang anda raih sertakan juga judul Tugas Akhir/Skripsi/Thesis/Disertasi.
Kemampuan Tambahan.
  • Kemampuan tambahan dapat berupa kemampuan mengoperasikan program komputer atau pelatihan-pelatihan khusus yang pernah diikuti.
  • Keanggotaan dalam organisasi professional. Jika andaterlibat dalam organisasi professional seperti AssiosiasiPengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Ikatan Akuntan Indonesia(AAI), dll yang berguna bagi pembaca, jangan segan untuk menuliskannya.
  • Indikator Kesuksesan. Anda dapat menuliskan berbagaiindikator kesuksesan yang pernah anda peroleh, misalnya beasiswa karena kecerdasan anda, dikirim training ke luar negeri karena keberhasilan anda dalam perusahaan, keberhasilan anda menekan biayaoperasional di divisi anda, dll.
  • Pengalaman yang berhubungan dengan pekerjaan. Tuliskan semua pengalaman yang pernah anda alami sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang anda lamar. Cth: jika pekerjaan yang anda lamar menuntut anda untuk sering melakukan traveling keluar negeri, pastikan pembaca tahu bahwa anda mahir berbahasa Inggris.Selain kedua faktor yang telah disebutkan diatas, dalam membuat resume pelamar perlu berhati-hati dalam mencantumkan atau menuliskan hal-hal sebagai berikut:
    Riwayat Gaji (Gaji yang pernah diterima dan yang diharapkan). Dalam hal pencantuman jumlah gaji yang diterima dan yang diharapkan, pelamar harus sangat berhati-hati dalam memutuskan perlu tidaknya mencantumkan hal tersebut dalam resume. Untuk itu pelamar dituntut kejeliannya dalam melihat iklan lowongan kerja atau informasi tentang lowongan kerja tersebut. Pada lowongan kerja yang sudah mencantumkan dengan jelas berapa gaji yang akan diterima
    pertahun atau per bulan, sebaiknya pelamar tidak perlu membuat riwayat gaji dalam resume yang dibuatnya. Hal itu tentu saja akan sangat berbeda jika di dalam iklan memang mengharuskan pelamar untuk mencantumkan riwayat gaji dan besarnya gaji yang diharapkan.
    Referensi. Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, pelamar harus benar-benar yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui diri si pelamar dan memiliki pengaruh positif bagi perusahaan yang dilamar. Artinya pelamar tidak boleh asal menyebutkan nama orang sebagai referensi, misalnya: mantan boss/atasan atau dosen. Daripada memaksakan diri untuk menyebut nama- nama orang sebagai referensi, pelamar cukup menuliskan: “Referensi: akan diberikan jika diminta”.
    Dokumen Pendukung. Meskipun tidak ada keharusan bagi pelamar untuk menyertakan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam resume, seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Sertifikat atau Penghargaan, dll, namun mengingat kondisi di Indonesia maka sebaiknya pelamar menyertakan dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy. Hal ini penting untuk meyakinkan pembaca bahwa anda benar-benar menulis resume berdasarkan fakta yang ada. Namun satu hal yang harus diingat dengan baik adalah “jangan sampai dokumen pendukung tersebut menjadi terlalu banyak”. Untuk itu anda harus menyeleksi/mensortir dokumen mana yang paling pantas dan relevan untuk dilampirkan. Contoh: Jika anda pernah mengikuti kursus komputer beberapa kali, tidak perlu semua sertifikat dari setiap kursus tersebut anda lampirkan, tetapi cukup salah satu yang paling tinggi tingkatannya.
Informasi Pribadi. Pelamar sebaiknya berhati-hati menuliskan hal-hal yang bersifat pribadi. Beberapa hal yang umumnya boleh dituliskan adalah status perkawinan, jumlah anak, kepemilikan kendaraan, kesediaan untuk di relokasi atau melakukan travelling ke luar kota / luar negeri. Di luar hal-hal tersebut pelamar harus benar-benar yakin bahwa informasi pribadi yang ditulisnya akan relevan dengan pekerjaan yang dilamar, jika tidak sebaiknya jangan menulis informasi pribadi tersebut.
(sumber: esaunggulac.id)

Tugas anda:
1. buatlah resume sesuai tata cara di atas, kirim ke susiana64@gmail.com, plg lambat 30 maret 2013, pukul 13.00

selamat bekerja


25 komentar:

  1. Assalamu'alaikum wr.wb
    Masukkan atas saran ibu mengenai tata cara dalam pembuatan Resume yang berikan sangat bermanfaat sekali untuk saya dikarenakan mengingat beraneka ragam bentuk resume di saat ini namun mengingat banyak orang lain yang hanya mencari praktis dalam membuat seperti mendownload dari websites atau membeli formulir resume. Di samping itu saya mencoba membuat resume dari saran ibu...

    wassalam..

    Nama :ERLANGGA SUKMA W.
    Nim : 2011 141 017
    Prodi : D-4 Perhotelan - Eksekutif

    BalasHapus
  2. assalamualaikum wr wb bu uchi

    dengan saya membaca materi 9-10 tentang pembuatan resume,saya menjadi tahu bahwa membuat resume harus benar-benar menarik agar perusahaan dapat menerima kita.Serta saya menjadi tahu bagaimana pentingnya membuat resume yang dirancang secara khusus (bukan menjiplak model resume orang lain).Dengan begitu saya semakin paham akan pentingnya membuat resume secara baik dan benar.Terimakasih bu..atas ilmunya,.kelak nantinya dalam membuat resume,saya akan menggunakan semua saran ibu seperti yang dituliskan di materi ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA : AMIE TIARA PUTRI
      KELAS : EKSEKUTIF
      NIM : 2011140105
      STP SAHID SUDIRMAN

      Hapus
  3. Dengan adanya perkuliahan korespondensi niaga (cara membuat resume yang baik) saya menjadi lebih memahami untuk membuat sebuah resume yang baik, terimakasih.

    Nama : Darlina Edyana
    Kelas : Executive Stp Sahid Sudirman
    Nim : 2011140107

    BalasHapus
  4. dengan mempelajari mata kuliah korespondesi niaga (materi 9&10) saya bisa memahami tentang bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar.


    nama : tri haryanto
    NIM : 2010140036
    KELAS : Executive Stp Sahid Sudirman

    BalasHapus
  5. terima kasih atas saran yang telah ibu berikan tentang bagaimana cara membuat resume yang baik dan benar. disini saya akan mencoba memakai saran ibu dalam pembuatan resume.

    Nama : Febri Nur Anggraini
    NIM : 2011140109
    Kelas : Executive-STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  6. Baik Bu,Uci saya akan segera membuatnya dengan baik dan benar,sesuai arahan, sehingga saya dapat nilai yang bagus dari ibu,.. hehehehe,. makasi ya bu.
    Nama : Ikhsan Alamsyah
    NIM : 2011140112
    Kelas : executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  7. Terimakasih banyak bu Uci, Setelah saya membaca dengan teliti maka sangat membatu saya untuk membuat resume yang baik dan benar. dan sangat menbatu saya untuk membuat resume yang lebih baik lagi.

    Nama : PUJIANTA
    NIM : 2011140119
    Kelas : Executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  8. Terima kasih Ibu Uci,setelah saya membaca dan mengerti memang yang dikatakan ibu benar dan mungkin akan sangat bermanfaat untuk karir saya nanti.

    Nama : ADITIA
    NIM : 2011141010
    Kelas : Executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  9. dengan mempelajari materi ini saya dapat mengerti cara pembuatan resume yang benar, mudahmudahan bermanfaat
    amien
    nama: arif ramdani
    nim : 2010 140 134

    BalasHapus
  10. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas materi yang ibu bagikan ini, materi ini benar2 sangat membantu saya dalam membuat resume yang baik dan benar,karena sebelumnya saya selalu menggunakan format yank sudah ada, saya berharap semoga setelah saya menguasai materi ini saya dapat membuat resume yang baik dan benar sehinngga resume saya mendapatkan tanggapan yang positif dari perusahaan yang saya tuju

    Nama : Diane Haerani
    NIM : 2011141016
    Kelas : Executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  11. terima kasih bu uchi saya sudah baca materi yang telah ibu berikan d perkuliahan online ini, semoga materi yang telah ibu kasih bermanfaat banyak untuk saya dan teman - teman.

    nama : fauziah rahmah
    NIM : 2011140108
    kelas : executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  12. Terima kasih Bu Uci, untuk materi yang Ibu berikan ini. Semoga dengan mempelajari materi ini, saya mampu untuk membuat resume yang baik dan benar sesuai dengan apa yang Ibu ajarkan ini.


    Nama : Aryono
    NIM : 2012140080
    Kelas : Executive

    STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  13. terima kasih bu uchi saya sudah baca materi yang telah ibu berikan d perkuliahan online ini,Semoga dengan mempelajari materi ini, saya mampu untuk membuat resume yang baik dan benar



    nama : putra pratama
    NIM : 2011140115
    kelas : executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  14. Terima kasih banyak Bu Uci,, atas materi yang telah Ibu berikan ini. Semoga dengan mempelajari dan memahami materi ini, saya akan dapat membuat resume yang baik dan benar, sehingga dapat bermanfaat kepada kita semua. Amien

    Nama : CECEP PERMANA
    NIM : 2011140106
    Kelas : Executive - STP Sahid Sudirman

    BalasHapus
  15. Bu Terima Kasih atas materi yang di kirimkan kepada saya. Semoga materi ini dapat saya pahami dan bermanfaat kelak untuk kehidupan saya kedepannya. terutama pada saat akan melamar kerja. Sukria Wijaya 2011141018.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Sukria Wijaya
      NIM : 2011141018
      Kelas : Executive - STP Sahid Sudirman

      Hapus
  16. Assllm,,,wr wb,,,Ibu Uci,

    Setelah membaca materi dari Ibu saya jadi mengerti mana yang paling pantas dan relevan untuk dilampirkan dalam membuat Resume.
    salah satu contohnya seperti dalam melampirkan sertifikat tidak perlu semua tetapi cukup salah satu yang paling tinggi tingkatannya.

    Terima kasih Ibu untuk ilmu yang diberikan.

    BalasHapus
  17. RITA NENGSIH
    Kelas : Executive / STP Sudirman
    No Nim : 2011140128

    BalasHapus
  18. Assalammu'alaikum Ibu Uchii ;)

    Setelah saya membaca materi kuliah ibu di atas, saya jadi jauh lebih mengerti membuat resume yang baik dan yang lebih pantas, tanpa materi dari ibu, mungkin saya tidak akan mengerti membuat resume yang baik dan benar. harapan saya, semoga kedepannya saya dapat lebih mengerti tentang bergabagi jenis surat dan dari berbagai seginya.

    -Terima Kasih-

    Nama : Amelia Permatasari
    NIM : 2011140104
    Kelas : Executive - STP SAHID Sudirman

    BalasHapus
  19. Selamat Siang bu,

    Sebelum nya saya mohon maaf karena baru bisa memberi komentar pada hari ini,
    mengenai materi 9-10 korespondensi niaga yang ibu berikan tentang tata dan cara membuat resume yang baik dan benar sangat bermanfaat sekali bu untuk saya.
    Terima Kasih banyak Ibu Uci

    Noven Sanvoni
    2012140063

    BalasHapus
  20. Terima Kasih Ibu Uci,

    mohon maaf karena baru bisa komentar, soal materi yang ibu berikan ini.
    Semoga dengan mempelajari materi ini, saya mampu untuk membuat resume yang baik dan benar sesuai dengan apa yang telah ibu jelaskan di atas.

    Hengky Wijaya
    2012140062

    BalasHapus
  21. Terima kasih atas materi yg telah ibu berikan kepada kami..

    Saya jadi lebih paham akan cara membuat resume yg baik dan benar, dan ini sangat bermanfa'at untuk kedepan nya, bila ingin melamar kerja.
    dan saya jadi lebih mengerti dan tau perbedaan antara Resume dengan Curricullum Vitae (CV). semoga dengan mempelajari materi yg telah ibu berikan ini, saya mampu untuk membuat resume yg baik dan benar sesuai dengan apa yg telah ibu jelaskan di atas.


    Nama : Eni nur'aini
    Kelas : executive sudirman
    Nim : 2011140127

    BalasHapus
  22. selamat malam bu...

    nama :Arfandi putra
    n i m :2010140162

    Saya jadi lebih paham akan cara membuat resume yg baik dan benar, dan ini sangat bermanfa'at untuk kedepan nya, bila ingin melamar kerja.
    dan saya jadi lebih mengerti dan tau perbedaan antara Resume dengan Curricullum Vitae (CV). semoga dengan mempelajari materi yg telah ibu berikan ini, saya mampu untuk membuat resume yg baik dan benar sesuai dengan apa yg telah ibu jelaskan di atas.

    BalasHapus