Senin, 05 November 2012

Kuliah 7-8 Manajemen Strategik - Analisis SWOT


ANALISIS SWOT
(Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan, Ancaman)
Tools for Policy Impact: A Handbook for Researchers
Daniel Start dan Ingie Hovland

Analisis SWOT adalah instrument perencanaaan strategis yang klasik. Dengan
menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan
ancaman, instrument ini memberikan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik
untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrumen ini menolong para perencana apa yang bias
dicapai, dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh mereka.
Outline Proses Rinci
Kerangka SWOT – sebuah matrix dua kali dua – sebaiknya dikerjakan dalam suatu kelompok
yang terdiri dari anggota kunci tim atau organisasi. Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas
tentang apa tujuan perubahan kunci, dan terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan
dilakukan. Setelah pertanyaan-pertanyaan ini dijelaskan dan disepakati, mulailah dengan
brainstorming gagasan, dan kemudian setelah itu dipertajam dan diperjelas dalam diskusi.
Perkiraan mengenai kapasitas internal dapat membantu mengidentifikasi dimana posisi
sebuah proyek atau organisasi saat ini: sumberdaya yang dapat segera dimanfaatkan dan
masalah yang belum juga dapat diselesaikan. Dengan melakukan hal ini kita dapat
mengidentifikasi dimana/kapan sumberdaya baru, keterampilan atau mitra baru akan
dibutuhkan. Bila berpikir tentang kekuatan, perlu memikirkan tentang contoh-contoh
keberhasilan yang nyata dan apa penjelasannya.
Cara melakukan evaluasi dengan menggunakan  analisis Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar).
Evaluasi dengan analisis SWOT kali ini bisa diterapkan untuk perusahaan atau bisnis kita, untuk personal diri pribadi kita sendiri sehingga kita bisa tahu keunggulan dan kelemahan bersaing kita dengan kompetitor. Analisis SWOT ini juga bisa bisa untuk menganalisis para kompetitor kita sehingga kita bisa tahu dan bisa mengatur strategi bisnis kita untuk melangkah ke depan dan bisa bersaing dengan pesaing kita. Banyak strategi bisnis yang menjelaskan bahwa jika kita bisa tahu mengenai keunggulan dan kelemahan diri sendiri dan pesaing kita maka kita bisa unggul mengalahkan pesaing kita. Analisis SWOT ini merupakan analisis yang paling mudah digunakan dan dibuat. Yang penting analisis SWOT ini membutuhkan kemampuan analisis dalam mengamati suatu hal.
Buatlah tabel evaluasi dengan membaginya kedalam masing masing sesuai dengan Strength, Weakness, Opportunities dan Threatness. Untuk mengerjakan dan mengisi lembar evaluasi analisis SWOT ini isilah dengan hal yang serealistik mungkin apa adanya yang ada diri anda atau perusahaan anda. Jika ingin mengevaluasi perusahaan anda, usahakan anda tulisa dalam satu tim yang melibatkan beberapa orang dari divisi atau unit yang berbeda-beda dari skala manajemen atas (top manajemen) kemudian SWOT ini dilakukan break-down ke masing masing divisi untuk mengetahui keseluruhan detail dari SWOT ini.
Tulislah masing masing pertanyaan di tabel evaluasi Analisis SWOT tersebut.
1. Strength (Kekuatan)
§  Apa yang menjadi kelebihan anda atau perusahaan anda?
§  Apa yang membuat anda lebih baik dari pesaing anda?
§  Hal unik apa yang anda punya dan tidak dimiliki yang lain?
§  Sumber daya apa yang anda miliki yang orang lain tidak punya?
§  Strategi apa yang anda punya untuk bersaing atau unggul dengan pesaing anda?
2. Weakness (Kelemahan)
§  Sesuatu hal apa yang bisa anda tingkatkan atau anda kembangkan?
§  Sesuatu hal apa yang bisa anda hindari dan anda cegah?
§  Apa yang bisa anda lihat dari pesaing anda mengenai kelemahan anda atau perusahaan anda?
§  Faktor-faktor apa saja yang membuat anda merasa kalah bersaing dengan kompetitor anda?
3. Opportunities (peluang)
§  Peluang apa yang anda bisa temukan atau anda rasakan?
§  Ketertarikan apa yang anda lakukan saat ini yang bisa menjadi peluang?
§  Bagaimana kondisi lingkungan anda saat ini yang bisa mendukung anda?
§  Untuk perusahaan analisis juga kondisi teknologi, pasar, kebijakan pemerintah saat ini dalam waktu yang dekat
§  Bagaimana pola perkembangan masyarakat, trend dan pola social yang dapat berpengaruh terhada produk atau layanan perusahaan anda?
4. Threatness (Ancaman)
§  Bagaimana dengan kompetitor atau pesaing anda yang mengancam dan berusaha mengungguli anda atau perusahaan anda?
§  Strategi Apa yang dilakukan pesaing anda lakukan saat ini ? baik untuk teknologi, kualitas pelayanan atau barang yang dari kompetitor anda?
§  Apakah perubahan teknologi mengancam perusahaan anda?
§  Apakah utang hutang dan anggaran mengancam kelangsungan perusahaan anda?

Masing masing point dari tiap-tiap tabel analisis SWOT dianalisis kemudian diberi pembobotan dan nilai prioritas yang bisa dikerjakan atau dihindari. Isilah pembobotan sesuai dengan kondisi yang ada. Berilah pembobotan dengan nilai atau point sehingga nanti bisa dirangking hal mana terlebih dahulu yang harus dikerjakan. Dari point-point tersebut nanti kita bisa mengetahui hal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan yang harus segera dilakukan evaluasi demi kelangsungan anda dan perusahaan anda.


Tugas Anda:

1. Dalam analisis SWOT, ada analisis yang dilakukan berdasarkan pada Faktor Internal dan eksternal.
    Carilah dari berbagai sumber, apa yang dimaksud dengan Faktor Internal dan Faktor Eksternal

2. Faktor eksternal adalah faktor yang diluar kendali perusahaan, untuk itu dalam membuat Tabel SWOT, faktor eksternal dicari untuk mengisi bagian yang mana dari tabel SWOT itu?

3. Faktor Internal merupakan faktor yang berada dalam kendali perusahaan, maka faktor ini mengisi bagian yang mana dari Tabel SWOT?

4.  Cari dan buat rangkuman mengenai 5 forces model dari Strategi Porter

Tugas dikirimkan paling lambat Rabu, 7 November 2012, pukul 23.59 dalam bentuk MsWord ke susiana64@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar