ANALISIS SWOT
(Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan,
Ancaman)
Tools for Policy Impact: A Handbook
for Researchers
Daniel Start dan Ingie Hovland
Analisis SWOT adalah instrument
perencanaaan strategis yang klasik. Dengan
menggunakan kerangka kerja kekuatan
dan kelemahan dan kesempatan ekternal dan
ancaman, instrument ini memberikan
cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik
untuk melaksanakan sebuah strategi.
Instrumen ini menolong para perencana apa yang bias
dicapai, dan hal-hal apa saja yang
perlu diperhatikan oleh mereka.
Outline Proses Rinci
Kerangka SWOT – sebuah matrix dua kali
dua – sebaiknya dikerjakan dalam suatu kelompok
yang terdiri dari anggota kunci tim
atau organisasi. Pertama, penting untuk diketahui dengan jelas
tentang apa tujuan perubahan kunci,
dan terhadap tim atau organisasi apa analisis SWOT akan
dilakukan. Setelah
pertanyaan-pertanyaan ini dijelaskan dan disepakati, mulailah dengan
brainstorming gagasan, dan kemudian
setelah itu dipertajam dan diperjelas dalam diskusi.
Perkiraan mengenai kapasitas
internal dapat membantu mengidentifikasi dimana posisi
sebuah proyek atau organisasi saat
ini: sumberdaya yang dapat segera dimanfaatkan dan
masalah yang belum juga dapat
diselesaikan. Dengan melakukan hal ini kita dapat
mengidentifikasi dimana/kapan
sumberdaya baru, keterampilan atau mitra baru akan
dibutuhkan. Bila berpikir tentang
kekuatan, perlu memikirkan tentang contoh-contoh
keberhasilan yang nyata dan apa
penjelasannya.
Cara
melakukan evaluasi dengan menggunakan analisis Strengths,
Weakness, Opportunities dan Threats. Seperti yang dijelaskan
di atas bahwa Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan
kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang
berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar).
Evaluasi dengan analisis SWOT kali ini bisa diterapkan untuk perusahaan atau bisnis kita, untuk
personal diri pribadi kita sendiri sehingga kita bisa tahu keunggulan dan
kelemahan bersaing kita dengan kompetitor. Analisis SWOT ini juga bisa bisa
untuk menganalisis para kompetitor kita sehingga kita bisa tahu dan bisa
mengatur strategi bisnis kita
untuk melangkah ke depan dan bisa bersaing dengan pesaing kita. Banyak strategi
bisnis yang menjelaskan bahwa jika kita bisa tahu mengenai keunggulan dan
kelemahan diri sendiri dan pesaing kita maka kita bisa unggul mengalahkan
pesaing kita. Analisis SWOT ini merupakan analisis yang paling mudah digunakan
dan dibuat. Yang penting analisis SWOT ini membutuhkan kemampuan analisis dalam
mengamati suatu hal.
Buatlah tabel
evaluasi dengan membaginya kedalam masing masing sesuai dengan Strength,
Weakness, Opportunities dan Threatness. Untuk mengerjakan dan mengisi
lembar evaluasi analisis SWOT ini isilah dengan hal yang serealistik mungkin
apa adanya yang ada diri anda atau perusahaan anda. Jika ingin mengevaluasi
perusahaan anda, usahakan anda tulisa dalam satu tim yang melibatkan beberapa
orang dari divisi atau unit yang berbeda-beda dari skala manajemen atas (top
manajemen) kemudian SWOT ini dilakukan break-down ke masing masing divisi untuk
mengetahui keseluruhan detail dari SWOT ini.
Tulislah masing
masing pertanyaan di tabel evaluasi Analisis SWOT tersebut.
1. Strength (Kekuatan)
§ Apa yang menjadi kelebihan anda atau
perusahaan anda?
§ Apa yang membuat anda lebih baik dari
pesaing anda?
§ Hal unik apa yang anda punya dan tidak
dimiliki yang lain?
§ Sumber daya apa yang anda miliki yang
orang lain tidak punya?
§ Strategi apa yang anda punya untuk
bersaing atau unggul dengan pesaing anda?
2. Weakness (Kelemahan)
§ Sesuatu hal apa yang bisa anda
tingkatkan atau anda kembangkan?
§ Sesuatu hal apa yang bisa anda hindari
dan anda cegah?
§ Apa yang bisa anda lihat dari pesaing
anda mengenai kelemahan anda atau perusahaan anda?
§ Faktor-faktor apa saja yang membuat
anda merasa kalah bersaing dengan kompetitor anda?
3.
Opportunities (peluang)
§ Peluang apa yang anda bisa temukan
atau anda rasakan?
§ Ketertarikan apa yang anda lakukan
saat ini yang bisa menjadi peluang?
§ Bagaimana kondisi lingkungan anda saat
ini yang bisa mendukung anda?
§ Untuk perusahaan analisis juga kondisi
teknologi, pasar, kebijakan pemerintah saat ini dalam waktu yang dekat
§ Bagaimana pola perkembangan
masyarakat, trend dan pola social yang dapat berpengaruh terhada produk atau
layanan perusahaan anda?
4.
Threatness (Ancaman)
§ Bagaimana dengan kompetitor atau
pesaing anda yang mengancam dan berusaha mengungguli anda atau perusahaan anda?
§ Strategi Apa yang dilakukan pesaing
anda lakukan saat ini ? baik untuk teknologi, kualitas pelayanan atau barang
yang dari kompetitor anda?
§ Apakah perubahan teknologi mengancam
perusahaan anda?
§ Apakah utang hutang dan anggaran
mengancam kelangsungan perusahaan anda?
Masing masing point
dari tiap-tiap tabel analisis SWOT dianalisis
kemudian diberi pembobotan dan nilai prioritas yang
bisa dikerjakan atau dihindari. Isilah pembobotan sesuai dengan kondisi yang
ada. Berilah pembobotan dengan nilai atau point sehingga nanti bisa dirangking
hal mana terlebih dahulu yang harus dikerjakan. Dari point-point tersebut nanti
kita bisa mengetahui hal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan yang
harus segera dilakukan evaluasi demi kelangsungan anda dan perusahaan anda.
Tugas Anda:
1. Dalam analisis SWOT, ada analisis yang dilakukan berdasarkan pada Faktor Internal dan eksternal.
Carilah dari berbagai sumber, apa yang dimaksud dengan Faktor Internal dan Faktor Eksternal
2. Faktor eksternal adalah faktor yang diluar kendali perusahaan, untuk itu dalam membuat Tabel SWOT, faktor eksternal dicari untuk mengisi bagian yang mana dari tabel SWOT itu?
3. Faktor Internal merupakan faktor yang berada dalam kendali perusahaan, maka faktor ini mengisi bagian yang mana dari Tabel SWOT?
4. Cari dan buat rangkuman mengenai 5 forces model dari Strategi Porter
Tugas dikirimkan paling lambat Rabu, 7 November 2012, pukul 23.59 dalam bentuk MsWord ke susiana64@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar