Peranan
dan Fungsi Kantor Depan Hotel - Kantor depan adalah salah satu
departement di dalam sebuah hotel, Kantor Depan adalah cermin dari
kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk
itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian
kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya
sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau
buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut
mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka dating untuk
menginap maupun tidak di suatu Hotel.
Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut:
“We Do Not have a Second Chance To Give Good Impression To Our Guests” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).
Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4. Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
a. Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b. Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
c. Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
d. Melaporkan status kamar yang terkini
e. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
f. Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i. Menyelesaikan keluhan tamu
Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain:
a. Pemberi informasi
Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut:
“We Do Not have a Second Chance To Give Good Impression To Our Guests” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).
Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4. Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:
a. Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b. Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
c. Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
d. Melaporkan status kamar yang terkini
e. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
f. Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i. Menyelesaikan keluhan tamu
Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain:
a. Pemberi informasi
Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi
yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan
yang ada di hotel maupun di luar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya
terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat
lainnya.
b. Penjual(sales person)
Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual,
selain dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian
yang sering berhubungan langsung dengan tamu hotel.
c. Wakil manajemen
Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan
sebagai wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di
luar jam kerja manajemen.
d. Penyimpan data
Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang
dibuat oleh petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian
kantor depan, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu
terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat
untuk masa yang akan datang.
e. Diplomatis
Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu
diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga
hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.
f. Pemecah masalah
Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah
yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
g. Humas (public relation)
Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam
berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang
harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.
Sebagai tanda anda hadir, agar memberi respon di kolom komentar , kemudian jawab pertanyaan di bawah ini:
Tugas anda:
1. Sebut dan Jelaskan deskripsi pekerjaan beberapa bagian di organisasi kantor depan sebuah hotel (contoh: FO Manager, Bell Captain, Concierge...dsb) yang anda ketahui
2.Apakah tugas kantor depan ini hanya berlaku di hotel, atau bisa juga diterapkan di institusi lain dalam duania pariwisata? jelaskanlah
Tugas diketik dan dikoirimkan paling lambat Minggu, 6 April 2014, pukul 12.00 siang
selamat menegerjakan
sentyady sugianto-kelas1 roxy hadir.
BalasHapusChristy Livana - kelas 2 Roxy, hadir
BalasHapusEllisyah - kelas 1 Roxy, hadir
BalasHapusHendrata Halim-kelas1 Roxy hadir.
BalasHapusLulu Auliana - kelas 1 Roxy, hadir
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusChin Thia , Kelas 1 Roxy , Hadir .
BalasHapusMarie Kimberley , kelas 1 Roxy , Hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusAnidzar lutfiani ,Kelas 1 roxy
BalasHapusNia frisna ,kelas 2 roxy ,hadir
BalasHapusGeorgia Sabrina, kelas 2 roxy, hadir
BalasHapusirfan tanoto-kelas 2 Roxy, hadir
BalasHapusSanoville kelas1,roxy , hadir
BalasHapusjashoen alfian , roxy , hadir
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusStella patricia - kelas 1 roxy - hadir
BalasHapusEria Megi Wilanti - kelas 1 roxy - hadir
BalasHapusJesika - kelas 1 roxy - hadir
BalasHapusPrisca Natalia - kelas 1 Roxy - hadir
BalasHapusTiffany soviandra- kelas 1 roxy - hadir
BalasHapusSilvia Wongso - kelas 2 roxy - hadir
BalasHapusMelyana Liman - Kelas 1 Roxy - Hadir
BalasHapusEva nathalia - roxy 2 hadir
BalasHapusYosephine murtianta - kelas 1 roxy hadir
BalasHapusRezyan Dwi Ramanda - kelas 2 roxy hadir
BalasHapusFelix idris-kelas1 Roxy hadir.
BalasHapusclarissa junita hendriawan -kelas1 Roxy hadir.
BalasHapusMuhammad ardhan labib kelas 2 roxy hadir
BalasHapuslucky saputra (2013247003) kelas 2 roxy, hadir
BalasHapusFredrick januardi-kelas 2 roxy hadir
BalasHapusarlikah putri carera (2012137005) hadir
BalasHapusneli oktaviani ( 2012137001 ) hadiiiiirrrrr buuu
BalasHapustri mulyaningsih (2012137002 ) hadir bu
BalasHapusGiovanno Christianto kelas roxy 2
BalasHapusHadir
Giselia Daniella kelas 2 roxy hadir
BalasHapusasri lestari kelas roxy 2 hadir
BalasHapushari priatna kelas roxy 2 hadir
BalasHapusIndra Nuwansyah kelas roxy 2 hadir
BalasHapuselkana rafael kelas roxy 1 hadir
BalasHapusRichard Rinaldo Kelas Roxy 1 Hadir
BalasHapusRainer Giovani Kelas Roxy 1 Hadir
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMuhammad Rafid Hidayatullah kelas Roxy 2 Hadir
BalasHapusHadir
BalasHapusMichelle noviana wikamta kelas roxy 2 Hadir
BalasHapusJhordy putra kelaa roxy 2 hadir
BalasHapusCatherina kelas roxy 2 hadir
BalasHapus