Kamis, 03 April 2014

FRONT OFFICE SERVICE - PENGANTAR HOSPITALITAS - KELAS ROXY

Peranan dan Fungsi Kantor Depan Hotel -  Kantor depan adalah salah satu departement di dalam sebuah hotel, Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan di bagian kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka dating untuk menginap maupun tidak di suatu Hotel.


Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut:
 “We Do Not have a Second Chance To Give Good Impression To Our Guests” (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).

Kantor depan hotel(front office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
2. Meningkatkan jumlah tamu langganan
3. Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
4. Membentuk citra hotel yang positif Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:

a. Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar
b. Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel
c. Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal
d. Melaporkan status kamar yang terkini
e. Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
f. Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
g. Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
h. Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
i. Menyelesaikan keluhan tamu

Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain:

a. Pemberi informasi
Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainnya.

b. Penjual(sales person)
Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan langsung dengan tamu hotel.

c. Wakil manajemen
Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.

d. Penyimpan data
Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor depan, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang.

e. Diplomatis
Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.

f. Pemecah masalah
Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.

g. Humas (public relation)

Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.

Sebagai tanda anda hadir, agar memberi respon di kolom komentar , kemudian jawab pertanyaan di bawah ini:

Tugas anda:
1. Sebut dan Jelaskan deskripsi pekerjaan  beberapa  bagian di organisasi kantor depan sebuah hotel (contoh:  FO Manager, Bell Captain, Concierge...dsb) yang anda ketahui
2.Apakah tugas kantor depan ini hanya berlaku di hotel, atau bisa juga diterapkan di institusi lain dalam duania pariwisata? jelaskanlah

Tugas diketik  dan dikoirimkan paling lambat Minggu, 6 April 2014, pukul 12.00 siang
selamat menegerjakan

48 komentar:

  1. sentyady sugianto-kelas1 roxy hadir.

    BalasHapus
  2. Christy Livana - kelas 2 Roxy, hadir

    BalasHapus
  3. Ellisyah - kelas 1 Roxy, hadir

    BalasHapus
  4. Hendrata Halim-kelas1 Roxy hadir.

    BalasHapus
  5. Lulu Auliana - kelas 1 Roxy, hadir

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Chin Thia , Kelas 1 Roxy , Hadir .

    BalasHapus
  8. Marie Kimberley , kelas 1 Roxy , Hadir

    BalasHapus
  9. Anidzar lutfiani ,Kelas 1 roxy

    BalasHapus
  10. Nia frisna ,kelas 2 roxy ,hadir

    BalasHapus
  11. Georgia Sabrina, kelas 2 roxy, hadir

    BalasHapus
  12. irfan tanoto-kelas 2 Roxy, hadir

    BalasHapus
  13. Sanoville kelas1,roxy , hadir

    BalasHapus
  14. jashoen alfian , roxy , hadir

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Stella patricia - kelas 1 roxy - hadir

    BalasHapus
  17. Eria Megi Wilanti - kelas 1 roxy - hadir

    BalasHapus
  18. Jesika - kelas 1 roxy - hadir

    BalasHapus
  19. Prisca Natalia - kelas 1 Roxy - hadir

    BalasHapus
  20. Tiffany soviandra- kelas 1 roxy - hadir

    BalasHapus
  21. Silvia Wongso - kelas 2 roxy - hadir

    BalasHapus
  22. Melyana Liman - Kelas 1 Roxy - Hadir

    BalasHapus
  23. Yosephine murtianta - kelas 1 roxy hadir

    BalasHapus
  24. Rezyan Dwi Ramanda - kelas 2 roxy hadir

    BalasHapus
  25. Felix idris-kelas1 Roxy hadir.

    BalasHapus
  26. clarissa junita hendriawan -kelas1 Roxy hadir.

    BalasHapus
  27. Muhammad ardhan labib kelas 2 roxy hadir

    BalasHapus
  28. lucky saputra (2013247003) kelas 2 roxy, hadir

    BalasHapus
  29. Fredrick januardi-kelas 2 roxy hadir

    BalasHapus
  30. arlikah putri carera (2012137005) hadir

    BalasHapus
  31. neli oktaviani ( 2012137001 ) hadiiiiirrrrr buuu

    BalasHapus
  32. tri mulyaningsih (2012137002 ) hadir bu

    BalasHapus
  33. Giovanno Christianto kelas roxy 2
    Hadir

    BalasHapus
  34. Giselia Daniella kelas 2 roxy hadir

    BalasHapus
  35. asri lestari kelas roxy 2 hadir

    BalasHapus
  36. hari priatna kelas roxy 2 hadir

    BalasHapus
  37. Indra Nuwansyah kelas roxy 2 hadir

    BalasHapus
  38. elkana rafael kelas roxy 1 hadir

    BalasHapus
  39. Richard Rinaldo Kelas Roxy 1 Hadir

    BalasHapus
  40. Rainer Giovani Kelas Roxy 1 Hadir

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Muhammad Rafid Hidayatullah kelas Roxy 2 Hadir

    BalasHapus
  43. Michelle noviana wikamta kelas roxy 2 Hadir

    BalasHapus
  44. Jhordy putra kelaa roxy 2 hadir

    BalasHapus
  45. Catherina kelas roxy 2 hadir

    BalasHapus