Jumat, 24 Mei 2013

Kuliah 9 MICE- Kelas Roxy- Lingkungan Wisata Konvensi

Kegiatan penyleggaraan wisata konvensi melibatkan banyak segmen industri yang berdivervisikasi sangat luas dengan kegiatan sangat luas dengan kegiatan bisnisnya yang beraneka ragam.”Kerja Besar” program suatu konvensi internasional tidak bias ditangani oleh seorang saja,melainkan harus bekerja sama dengan orang lain yang kegiatan bisnisnya berada di segmen-segmen bidang lain yang berbeda-beda.

LOKASI TEMPAT PERSIDANGAN KONVENSI
(Venues of the Convention)

- gedung pusat konvensi (Convention Center)
- balai kota (town hall)
- pekan raya (trade fairs)
- hotel pegunungan/pantai (resort hotels)
- hotel pinggir kota (suburban hotels)
- kapal pesiar (cruise ships)

Menentukan lokasi (site) kegiatan persidangan konvensi harus melalui pertimbangan pilihan.Pertimbangan itu menyangkut ukuran,sifat,danjenis kegiatan program yang hendak diselenggarakan.
PUSAT-PUSAT USAHA KONVENSI
(Convention Management Centers)

- Biro Konvensi (convention Bureaus)
- Organisasi Penyelenggara konvensi Profesional (Professional Convention Organizers =PCO)
- Perancang Persidangan Swakarsa (Independent Meeting Planners)
- Usaha Pengelola Asosisasi (Assiciation Management Companies)
- Usaha Kawasan Wisata (Destination Management Companies)
- Wisma Perjalanan Insentive (Incentive Travel House)

Adalah merupakan hal yang mendasar bahwa usaha-usaha wisata konvensi bekerja atas prinsip-prinsip yang sama dengan usaha destinasi kawasan wisata dan usaha-usaha lain speerti tersebut di atas.

PUSAT-PUSAT USAHA PAMERAN
(Exhebition Managemen Centres)

- Organisasi Adilaksa Pameran
- Usaha Pameran Dagang
- Usaha Pameran Ilmiah
- Usaha Pekan Raya
- Asosiasin Desainer& Produser pameran
Baik penyelenggara pameran maupun peserta pameran yang mewakili perusahaan koorporasi yang membuat produk barang serta jasa pelayanan.

USAHA ANGKUTAN (Transportasi Companies)

- Perusahaan penerbangan Komersial
- Perusahaan Bus Wisata
- perusahaan Sewa Mobil
- Perusahaan Kereta Api
- Perusahaan Taksi

Unsur eksebilitas transportasi merupakan salah satu syarat penting bagi segmen komponen industri pariwisata, termasuk wisata konvensi tentunya.

ORGANISASI-ORGANISASI NASIONAL
- Organisasi Pariwisata Nasional
- Asosiasi Perjalanan Wisata Nasional
- Asosiasi hotel& Rumah Makan nasional
- Asosiasi Penerbangan Nasional
- Pusat Informasi Wisatawan
Data di atas merupakan petunjuk betapa banyaknya asosiasi atau perhimpunan nasional yang bergerak dari berbagai segmen indiustri pariwisata.

USAHA AKOMODASI DAN MAKAN-MINUM
Perusahaan akomodasi termasuk didalamnya:Hotel ,Apartemen,Rumah Penginapan,Motel,Peristirahatan,Bungalow ,vila,Rumah tamu,Pondok dan lain-lain.

USAHA MAKAN DAN MINUM (FOOD AND BEVERAGE)
Restaurant, rumah makan, catering caffee shop, cabana, pub, café, bir & minuman ringan, kopi, teh, air mineral, minuman keras, minuman tradisional.

USAHA JASA WISATA
- Biro Perjalanan Wisata (travel Bureaus)
- Klub Selancar(surving club)
- Klub Arung Jeram(Rafting club)
- klub Balap Mobil(Motor Circuit Club)
- Biro perjalanan wisata induk(travel wholesalers)
Perancang perjalanan diharapkan agar senantiasa jeli dalam mencari peluang dan celah untuk menciptakan perjalanan insentif.

PERHIMPUNAN DAN ORGANISASI INTERNASIONAL
(internasional asaosiation& organization)
- Organisasi Pariwisata Dunia (WTO)
- Asosiasi Perjalanan Wisata Pasifik –Asia (PATA)
- Asosiasi Hotel Dan Restaurant Internasional (IHRA)
- Asosiasi Pengelola Konvensi Adilaksana (PCMA)

PUSAT-PUSAT PERBELANJAAN (shoping centers)
- Perusahaan Aneka Kembang
- Pusat Seni rupa dan Seni Lukis
- Pusat Kerajinan Emas Dan Perak
- Perancang dan peragaan busana
- Pusat mebel dan perabot rumah

PUSAT-PUSAT HIBURAN DAN REKREASI
- Taman hiburan
- Taman ria
- Sanggar seni dan budaya
- Kebun Binatang
- Museum
- Pagelaran Seni Pentas

PERBANKAN DAN USAHA JASA TAMBAHAN
- Usaha –Usaha Bank
- Kartu Kredit
- Cek Perjalanan
- Asuransi Perjalanan
- Penukaran Uang Asing
TUGAS: Selesaikan TUGAS seperti pd Kuliah terakhir

Kuliah 9 Perilaku Organisasi


Tugas terstruktur:

Pada sebuah organisasi , sistem pemberian imbalan pada anggota organisasi merupakan hal penting dan perlu pemikiran yang mendalam, tugas Saudara:
  1. Carilah di google, ataupun referensi lain, apa yang dimaksud dengan Sistem Reward (penghargaan)
  2. Ada berapa jenisnya?
  3. Menurut Saudara, mengapa sistem reward (imbalan / penghargaan) merupakan hal  penting dalam mempelajari perilaku organisasi? jelaskan
Jawaban dikirim dalam bentuk MS word, ke susiana64@gmail.com  paling lambat Selasa, 24 Mei 2013 pk 23.59